Selasa, 03 Agustus 2010

Part 4 Pencarian

Pencarian Heuristik

• Ada 4 metode pencarian heuristik
– Pembangkit & Pengujian (Generate and Test)
– Pendakian Bukit (Hill Climbing)
– Pencarian Terbaik Pertama (Best First Search)
– Simulated Annealing

Pencarian Terbaik Pertama
(Best First Search)

• Metode best-first search ini merupakan kombinasi dari
metode depth-first search dan metode breadth-first search
dengan mengambil kelebihan dari kedua metode tersebut.
• Apabila pada pencarian dengan metode hill climbing tidak
diperbolehkan untuk kembali ke node pada level yang
lebih rendah meskipun node pada level yang lebih rendah
tersebut memiliki nilai heuristik yang lebih baik, lain halnya
dengan metode best-first search ini.
• Pada metode best-first search, pencarian diperbolehkan
mengunjungi node yang ada di level yang lebih rendah,
jika ternyata node pada lebih yang lebih tinggi ternyata
memiliki nilai heuristik yang lebih buruk.

Pencarian Terbaik Pertama
(Best First Search)
• Metode best-first search ini merupakan kombinasi dari
metode depth-first search dan metode breadth-first search
dengan mengambil kelebihan dari kedua metode tersebut.
• Apabila pada pencarian dengan metode hill climbing tidak
diperbolehkan untuk kembali ke node pada level yang
lebih rendah meskipun node pada level yang lebih rendah
tersebut memiliki nilai heuristik yang lebih baik, lain halnya
dengan metode best-first search ini.
• Pada metode best-first search, pencarian diperbolehkan
mengunjungi node yang ada di level yang lebih rendah,
jika ternyata node pada lebih yang lebih tinggi ternyata
memiliki nilai heuristik yang lebih buruk.

Pencarian Terbaik Pertama
(Best First Search)

• Penentuan node berikutnya adalah node yang terbaik
yang pernah dibangkitkan
• Menggunakan informasi
– biaya perkiraan
– biaya sebenarnya
• Terdapat 2 jenis
– Greedy Best First Search
• biaya perkiraan f(n) = h(n)
– A*
• biaya perkiraan + biaya sebenarnya
• f(n) = g(n) + h(n) 

Pencarian Terbaik Pertama
(Best First Search)
• Untuk mengimplementasikan metode ini menggunakan
graph keadaan, dibutuhkan 2 antrian yang berisi node-
node, yaitu:
– OPEN, berisi node,node yang sudah dibangkitkan,
namun belum diuji. Umumnya berupa antrian
berprioritas yang berisi elemen-elemen dengan nilai
heuristik tertinggi.
– CLOSED berisi node-node yang sudah diuji.

Pencarian Terbaik Pertama
(Best First Search)

• Algoritma:
– Tempatkan node awal A pada antrian OPEN.
– Kerjakan langkah-langkah berikut hingga tujuan
ditemukan atau antrian OPEN sudah kosong:
– Ambil node terbaik dari OPEN;
– Bangkitkan semua successornya;
– Untuk tiap-tiap successor kerjakan:
– Jika node tersebut belum pernah dibangkitkan
sebelumnya, evaluasi node tersebut dan masukkan ke
OPEN;
– Jika node tersebut sudah pernah dibangkitkan
sebelumnya, ubah parent jika lintasan baru lebih
menjanjikan. Hapus node tersebut dari antrian OPEN.

1 komentar:

  1. Paddy Power Casino - Mapyro
    Paddy 제주 출장샵 Power Casino is open and excited to 울산광역 출장마사지 welcome you back to a world at play! With 충청남도 출장마사지 over 30000 slot machines, there's something for 포천 출장샵 everyone! 문경 출장샵

    BalasHapus